Ono Karsono

onokarsono.blogspot.com

Poelang Kampoeng

Sudah lama nian tidak pulang ke kampung halaman tercinta. Setelah dua tahun tidak bersua ke sana, ada rasa kangen juga untuk menengok kampung kelahiran. Tanah kelahiran itu terletak di kaki Gunung Cermai (Kabupaten Kuningan, Jawa Barat) sehingga udara disana sejuk, selain itu pemandangannya juga indah. Aku pikir kalau sudah tua, mau take a rest disini sajalah. Hawanya enak, bisa untuk rileks dan menyegarkan pikiran. Kuningan tidak jauh dari Kota Cirebon, ke arah selatan kurang lebih 40Km sudah sampai.

Karena beriklim hawa pegunungan, banyak juga sumber mata air untuk pemandian, diantaranya obyek wisata Cigugur dan Cibulan. Ada juga obyek wisata bersejarah Linggarjati (tempat perundingan Indonesia dengan Belanda tempo doeloe, waktu jaman penjajahan), waduh maaf aku lupa sejarahnya, he he, maklum sudah 10 tahun tidak pegang buku sejarah.

Ada juga makanan khas di Kuningan yang paling saya senangi, yakni makanan semacam Kethoprak bernama Hucap (tahu kecap), tidak hanya tahu goreng sama bumbu kecap saja, tapi ada kupat khas Kuningan yang begitu kenyal untuk dinikmati di lidah. Kalau sudah pernah merasakan Hucap ini pasti akan ketagihan, bumbunya itu lo, nikmat banget disantap. Apalagi kalo disantap bareng Cireng (Aci digoreng, huenaaak tenan :D).

Inilah sebagian jepretan photo waktu Poelang Kampoeng.

Perjalanan malam Gombong - Kuningan, kurang lebih memakan waktu 4 - 5 jam. Memang lebih enak melakukan perjalanan malam, bisa tidur dan lebih lancar arus lalu lintasnya.


Kampung halaman tempat i dilahirkan


My Beloved .... enjoy bermain di halaman rumah kakek neneknya


Obwis Pemandian Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.


Di lokasi pemandian Cigugur, airnya itu lho, bening banget, dan begitu dingin !!! :D


Ikan Dewa di Kolam Pemandian Cigugur yang mengandung mitos. Konon menurut orang tua atawa sesepuh disana, kalau kolam ini sedang dikeringkan, ikan dewa tersebut akan menghilang sendiri (pindah) secara misterius ke kolam pemandian lain di Cibulan. Dan juga tidak boleh dimakan (disantap), yang menurut mitos juga sangat berbahaya alias "Danger"...Walahu 'alam.

Poelang Kampoeng Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ono Karsono

4 komentar:

  1. mas ono, saya dari dulu udah liat di TV tentang ikan dewa ini, bisa ceritain lebih banyak gak, terus kalo mau kesana dari jakarta or kuningannya gimana ? thanks

    ReplyDelete
  2. Anonymous8:40 AM

    # Pak Fery
    Maaf Mas, mitos ikan dewa ini dari nenek saya & penduduk setempat, cuma penjelasannya juga tidak detail. Memang ada larangan untuk tidak menyantap ikan ini (sejarahnya sendiri saya tidak paham). Kuningan itu di selatan Cirebon Mas, kurang lebih 30km). Jadi kalo dari Jakarta gak susah koq. thx.

    ReplyDelete
  3. salam kenal kang dari orang kuningan

    ReplyDelete
  4. nahjwa8:30 AM

    Kapan ya ...aku pulang kampung lg,kangen makanan ciri khas kuningan..KUPAT TAHU .klo ada yg pulang ke kuningan titip ya,beliin kupat tahu.

    ReplyDelete