Ono Karsono

onokarsono.blogspot.com

Rugi Bukan Berarti Tidak Untung

Dalam berjualan, untung rugi memang biasa. Yang diharapkan adalah selalu untung. Namun apa daya, hukum alam harus berlaku. Manusia tidak bisa memegang kendali terhadap kondisi di sekitarnya. Kita hanya bisa berikhtiar, kemudian tawakal kepada sang Maha Pengatur.

Rugi dalam berusaha atau berbisnis biasanya bersumber dari manajemen usaha yang amburadul dan kurangnya pengalaman. Namanya kesalahan selalu ada, karena itu kita dituntut untuk selalu belajar.

Dari kacamata saya, rugi itu mengandung dua sisi berbeda, sama seperti sisi mata uang. Misalnya anda pernah salah harga atau memberikan harga terlalu murah di bawah HPP.

Dari sisi pertama, mungkin rugi secara materi. Tapi dari sisi keduanya, anggap saja sebagai sedekah. Maka ikhlaskanlah hi hi hi.  Saya yakin suatu saat akan mendapatkan ganti yang sempurna, yakni promosi gratis dari pelanggan (WOM) yang akan mendatangkan pelanggan baru untuk anda :D .

Rugi berikutnya adalah rugi total, anda benar-benar bangkrut, uangnya habis atau lenyap. Nah, disinilah proses keikhlasan dituntut lebih besar lagi. Selalu ada hikmah disana. Kita bisa belajar dari pengalaman dan kesalahan masa lalu untuk bangkit kembali.

Kita tidak akan pernah belajar kalau tidak pernah berbuat kesalahan, bayi pun sering terjatuh waktu belajar berjalan :)

Tetap semangat :D.

Rugi Bukan Berarti Tidak Untung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ono Karsono

0 komentar:

Post a Comment