Ini adalah sebuah cerita bagaimana saya bisa menjadi
pelanggan tetap seseorang penjual spare part laptop. Studi kasus ini bisa dijadikan
cara seorang tenaga penjual untuk mendapatkan pelanggan baru.
Seperti kita tahu, di marketplace harga jual produk sangat
tidak wajar, bahkan ada yang menjual barang di bawah harga pokok. Perang harga
akan menguntungkan konsumen, tapi tidak bagi penjual.
Lalu apa solusi bagi kita sebagai penjual?
Media jualan online tidak hanya marketplace. Untuk
mendapatkan pelanggan baru, kita bisa memanfaatkan website.
Seperti case yang akan saya ceritakan ini, ada seorang
penjual spare part laptop di Jakarta, tepatnya Mangga Dua. Dia ini mencari
calon pelanggan via website, dia mencari toko komputer di daerah dengan
memanfaatkan google search.
Alkisah ... dia menemukan nomor kontak WA Izikomputer yang
tercantum di website. Dia menghubungi nomor tsb dan menawarkan list harga part
laptop.
Nama penjual (sales) tsb adalah Pak Dodi. Seperti biasa, Pak
Dodi menawarkan diri, bahwa dia adalah marketing di xxx part laptop di Mangga
Dua.
Dia memberikan list harga kepada saya. Harganya memang
sangat menarik. Harga rata-rata toko mangga dua di marketplace.
Saya pun tertarik untuk memesan beberapa part laptop seperti
keyboard dan adaptor kepada pak Dodi. Awalnya saya meminta bertransaksi via
tokopedia saja, agar transaksi saya aman, karena memang belum kenal penjualnya.
Pak Dodi menyetujui transaksi via Toped.
Beberapa kali bertransaksi, Pak Dodi memberikan link
produknya di Toped. Selama beberapa kali bertransaksi itu pula, barang yang
saya ambil sesuai dengan ekspektasi saya, atau sesuai dengan pesanan.
Selain itu, bila ada komplain kerusakan barang, pak Dodi menanggapinya dengan responsif. Dan memberikan solusi untuk dilakukan retur.
Proses komunikasi dan penanganan komplain yanga baik
akhirnya menumbuhkan kepercayaan.
Saat ini, saya tidak bertransaksi lagi via toped dengan pak
Dodi, tapi order langsung via WA. Nomor resi selalu rajin dikirim Pak Dodi
saat sore hari setelah barang dikirim.
Dari sinilah saya ternyata menjadi pelanggan tetap Pak Dodi
di xxx laptop.
Memang ada beberapa barang yang harganya lebih mahal
dibanding lapak lainnya, seperti adaptor untuk LED LG, tapi itu tidak
menyurutkan saya untuk tetap beli kepada pak Dodi.
Pak Dodi punya pengetahuan produk yang baik. Dia menginfokan
kepada saya, bahwa ada beberapa jenis adaptor Led LG dengan bentuk yang berbeda
dan harga yang berbeda pula.
Dia berani menjamin bahwa produk yang dia jual adalah lebih
bagus dari lapak sebelah. Dan juga memberikan solusi tukar baru bila ada
kerusakan.
Bila sudah diberikan argumen seperti ini, tentu saya lebih
suka bertransasksi dengannya, dibanding lapak lain dengan harga yang lebih murah.
Sekarang, bagi saya Pak Dodi ini sudah menjadi solusi
kebutuhan spare part laptop untuk toko komputer saya.
Faktor interaksi,
komunikasi yang baik, responsif dan pengetahuan produk yang baik pula, membuat
saya lebih percaya kepada Pak Dodi dibanding yang lain.