Ono Karsono

onokarsono.blogspot.com

A Story : mengkonversi prospek menjadi pelanggan tetap


Ini adalah sebuah cerita bagaimana saya bisa menjadi pelanggan tetap seseorang penjual spare part laptop. Studi kasus ini bisa dijadikan cara seorang tenaga penjual untuk mendapatkan pelanggan baru.

Seperti kita tahu, di marketplace harga jual produk sangat tidak wajar, bahkan ada yang menjual barang di bawah harga pokok. Perang harga akan menguntungkan konsumen, tapi tidak bagi penjual.

Lalu apa solusi bagi kita sebagai penjual?

Media jualan online tidak hanya marketplace. Untuk mendapatkan pelanggan baru, kita bisa memanfaatkan website.

Seperti case yang akan saya ceritakan ini, ada seorang penjual spare part laptop di Jakarta, tepatnya Mangga Dua. Dia ini mencari calon pelanggan via website, dia mencari toko komputer di daerah dengan memanfaatkan google search.

Alkisah ... dia menemukan nomor kontak WA Izikomputer yang tercantum di website. Dia menghubungi nomor tsb dan menawarkan list harga part laptop.

Nama penjual (sales) tsb adalah Pak Dodi. Seperti biasa, Pak Dodi menawarkan diri, bahwa dia adalah marketing di xxx part laptop di Mangga Dua.

Dia memberikan list harga kepada saya. Harganya memang sangat menarik. Harga rata-rata toko mangga dua di marketplace.

Saya pun tertarik untuk memesan beberapa part laptop seperti keyboard dan adaptor kepada pak Dodi. Awalnya saya meminta bertransaksi via tokopedia saja, agar transaksi saya aman, karena memang belum kenal penjualnya.

Pak Dodi menyetujui transaksi via Toped.

Beberapa kali bertransaksi, Pak Dodi memberikan link produknya di Toped. Selama beberapa kali bertransaksi itu pula, barang yang saya ambil sesuai dengan ekspektasi saya, atau sesuai dengan pesanan.

Selain itu, bila ada komplain kerusakan barang, pak Dodi menanggapinya dengan responsif. Dan memberikan solusi untuk dilakukan retur.

Proses komunikasi dan penanganan komplain yanga baik akhirnya menumbuhkan kepercayaan.

Saat ini, saya tidak bertransaksi lagi via toped dengan pak Dodi, tapi order langsung via WA. Nomor resi selalu rajin dikirim Pak Dodi saat sore hari setelah barang dikirim.

Dari sinilah saya ternyata menjadi pelanggan tetap Pak Dodi di xxx laptop.

Memang ada beberapa barang yang harganya lebih mahal dibanding lapak lainnya, seperti adaptor untuk LED LG, tapi itu tidak menyurutkan saya untuk tetap beli kepada pak Dodi.

Pak Dodi punya pengetahuan produk yang baik. Dia menginfokan kepada saya, bahwa ada beberapa jenis adaptor Led LG dengan bentuk yang berbeda dan harga yang berbeda pula.

Dia berani menjamin bahwa produk yang dia jual adalah lebih bagus dari lapak sebelah. Dan juga memberikan solusi tukar baru bila ada kerusakan.

Bila sudah diberikan argumen seperti ini, tentu saya lebih suka bertransasksi dengannya, dibanding lapak lain dengan harga yang lebih murah.

Sekarang, bagi saya Pak Dodi ini sudah menjadi solusi kebutuhan spare part laptop untuk toko komputer saya.

Faktor interaksi, komunikasi yang baik, responsif dan pengetahuan produk yang baik pula, membuat saya lebih percaya kepada Pak Dodi dibanding yang lain.

A Story : mengkonversi prospek menjadi pelanggan tetap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ono Karsono